Metode Sterilisasi Alat Kesehatan

Di dalam sebuah tempat pelayanan kesehatan, baik itu rumah sakit, klinik ataupun puskesmas para tenaga medis dituntut untuk bekerja secara cepat karena hal ini menyangkut keselamatan orang banyak. Terkadang saking sibuknya mereka acap kali kurang memperhatikan kesterilan alat kesehatan yang mereka pakai.

Padahal yang namanya kesterilan alat kesehatan merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan, supaya terbebas dari bakteri dan aman digunakan pada pasien. Kalau sampai hal ini diabaikan maka akan bisa berbahaya dan menyebabkan infeksi pada pasien, jadi bukan kesembuhan yang didapatkan yang ada malah kondisi kesehatan akan semakin parah.

Untuk itu pensterilan alat kesehatan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan baik itu sebelum atau sesudah digunakan. Banyak cara yang bisa dipakai untuk proses ini diantaranya adalah dengan menggunakan sabun antibakteri, penyinaran UV ataupun dengan pemanasan.

Dengan pemanasan suhu tinggi maka akan bisa membunuh semua bakteri yang menempel, selain menggunakan panas, penggunakan uap juga dianggap memiliki tingkat keefektifitasan yang lebih baik dibandingkan hanya menggunakan panas oven. Salah satu alat sterilisasi yang menggunakan system uap adalah autoclave, di dalam autoclave alat akan disterilkan menggunakan uap panas. Banyaknya alat yang disterilisasi sangat berpengaruh pada lama dan tingkat efektifitasnya, maka jika alat yang akan disterilkan banyak disarankan untuk menggunakan autoclave dengan kapasitas yang besar, walaupun mungkin harga autoclave dengan kapasitas besar lebih mahal namun akan lebih menghemat waktu karena alat kesehatan bisa disterilkan dalam satu kali waktu sekaligus.

Selain menggunakan panas dan uap panas, penggunaan desinfektan juga bisa digunakan. Pemilihan desinfektan menyesuaikan dari jenis bakteri yang akan dimusnahkan. Berikutnya cara lainnya bisa dengan lampu UV, namun penggunaan lampu UV ini umumnya digunakan untuk sterilisasi ruangan karena menggunakan metode penyinaran.

Nah itu tadi adalah beberapa metode sterilisasi yang bisa digunakan untuk sterilisasi alat kesehatan pada klinik, puskesmas ataupun rumah sakit. Alat kesehatan yang steril dan terbebas dari bakteri merupakan hal yang wajib terpenuhi oleh tiap-tiap tempat pelayanan kesehatan, karena akan sangat berpengaruh pada keselamatan atau kesehatan pasien yang sedang dirawat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *