Minum Madu, cara sehat secara alami

Bagi sebagian orang minum madu merupakan sebuah rutinitas yang sudah dilakukan sacara berkala dan rutin, namu tidak sedikit orang belum memahami bahwa dengan minum madu merupakan cara sehat yang alami, namun memberikan efek yang luar biasa kepada tubuh, menolak penyakit yang bakalan menyerang tubuh, membunuh bakteri dan virus pada tubuh, dan yang jelas penyakit yang sudah kadung hinggap akan tersebuhkan secara alami.

Cairan ajaib yang dihasilkan oleh perut lebah ini merupakan suatu anugerah yang luar biasa kepada manusia, tidak heran sebotol madu asli akan mahal harganya. Dahulu kala madu hanya dikonsumsi oleh para bangsawan dan keturunan kerajaan saja, karena jumlah madu yang ada hanya sedikit, dahulu tidak terpikirkan untuk ternak lebah untuk menghasilkan madu, dahulu madu hanya ada secara alami produksi dari lebah liar yang cari makan dari alam yang tidak terjamin kapasitas makanan lebah pada suatu daerah.

Kini lebah sudah banyak ternak, sehingga madu yang dihasilkan bisa lebih banyak, jenis lebah pun dipilih avis melifera yang dikenal sebagai lebah besar yang memiliki kapasitas produksi madu pertahun lebih banyak dibanding dengan jenis lebah-lebah yang lainnya. Juga sediaan makanan yang dimakan oleh lebah yaitu nektar-nektar bunga yang disedot pun disediakan dengan cukup banyak, sehingga lebah tidak kesulitan mencari makanan.

bahkan ada kolaborasi symbiosis mutualisme anta penternak lebah dengan pemilik perkebunan dengan menyimpan sarang-sarang lebah disekitar perkebunan seperti kebun buah-buahan. Lebah butuh makanan dari nektar, dan petani kebun pun membutuhkan lebah sebagai media pembuahan nektar agar hasil buah menjadi berlimpah.

Contohnya dengan kolaborasi peternak lebah dengan perkebunan lengkeng, mangga atau rambutan, nektar-nektar bunga yang jadi bakalan buah di serbuk sari oleh lebah, hasilpun meningkat dan lebah pun kenyang makan dan hasil madu pun banyak. Jadilah madu dengan kandungan nektar khusus, seperti lebah yang dominan makannya nektar bunga lengkekng maka disebut dengan madu lengkeng, begitu pula apabila lebah makannya nektar dari perkebunanan mangga maka disebut juga sebagai madu mangga.

Ada banyak jenis madu dari hasil seperti ini diantaranya:

  • madu lengkeng
  • madu mangga
  • madu rambutan
  • madu randu
  • madu karet
  • madu kopi
  • madu habbatussauda
  • madu sidr
  • dan lain sebagainya

Nama Madu-madu diatas diambil dari nektar bunga yang dimakan oleh si lebah. Namun admin gak tahu nama madu apabila madu itu makannya bunga desa hehehe…apakah namanya madu bunga desa?

Pentingnya madu untuk kesehatan memberikan efek kesehatan yang luar biasa, dan orang yang minum madu secara rutin, kesehatan terjaga dan potensi hidup berumur panjang pun memiliki peluang lebih besar dibanding orang yang tidak mengkonsumsi madu.

Written by Robert

Seorang yang hidup di alam dunia hanya mencari keberkahan dan bekal di akhirat

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *