source : http://lifestyle.kompas.com

Salah satu warisan budaya yang patut kita banggakan yaitu batik. Batik memiliki banyak sekali ragam dan kaya akan motif, di tiap-tiap daerah memiliki ciri khas yang sangat kuat dan dengan motif yang berbeda-beda pula. terlebih untuk motif batik wanita yang sudah sangat berkembang mengikuti gaya busana modern saat ini. Salah satu daerah yang memiliki motif batik yang unik yaitu daerah sentra di kelurahan Bandar Kidul, Kediri menghasilkan aneka motif tenun ikat dan batik khas kediri.

Namun, kain batik kediri untuk saat ini belum begitu populer di kalangan masyarakat. Oleh karena itu Dekranasda Kota Kediri melakukan kerjasama dengan desainer busana Lenny Agustin dalam melalui acara Jakarta Fashion Week 2017 menghadirka beragam koleksi kain tenun dan Batik Kediri yang memiliki koleksi warna yang menarik.

Lenny saat ini mengatakan bahwa Batik Kediri masih belum populer jika dibandingkan dengan batik dari kota lain di Indonesia, padahal Batik Kediri memiliki keunikan dan khas tersendiri.

Dalam pameran tersebut, Lenny mengankat tema “jaranan” dan menghadirkan koleksi dengan 24 looks dihiasi palet yang beragam. Warna biru tua dan hitam menjadi pilihan bahan dasar batik yang cenderung berwarna gelap. Dan dikombinasikan dengan warna-warna terang semisal biru muda, pink, fuschia dan hijau. Dalam koleksinya kali ini, menghadirkan pola motif kuda lumping yang khas pada keseluruhan busananya tersebut.

Untuk dapat menyesuaikan dengan siluet motif kuda lumping tersebut, busana rancangan Lenny juga didominasi dengan siluet A dan X. Beberapa busana yang dihasilkan yaitu seperti jaket, gaun, rok, celana dan blouse dengan nuansa ceria dan gembira khas Lenny.

Untuk memperkuat tema kuda lumping pada acara peragaan busana tersebut, Lenny juga menambahkan pada beberapa busana dan sepatu karyanya dengan aksen kerincing dan rumbai yang berwarna-warni.

Lenny mengunkapkan salam sesi wawancara yaitu mengenai motif Batik Kediri yang sangat dinamis karena masyarakatnya memasukkan apa yang sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-harinya. Tidak banyak orang yang mengangkat secara konsisten akan hal tersebut, oleh karena itu Lenny sangat tertarik untuk menggunakan motif tersebut karena warnanya yang cerah dan ceria.

Yuk girls, jangan malu lagi untuk menggunakan batik. Saat ini sudah banyak sekali pakaian batik modern wanita yang telah dibuat menyesuaikan dengan perkembangan dunia fashion saat ini. Jadi, batik tidak lagi dianggap sebagai pakaian yang kuno.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *