source : http://www.centroone.co.id

Saat mendapatkan undangan untuk interview, rasa senang dan gembira pasti akan muncul pertama kali. Tentu pastinya setelah itu kamu akan mulai sibuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan test dan materi untuk interview. Mulai dengan mempelajari soal-soal yang sering ditanyakan hingga berkas-berkas yang harus disiapkan sebagai persyaratannya. Seperti akan menghadapi kencan pertama, tak lupa pula mempersiapkan pakaian yang rapi untuk dipakai saat wawancara kerja nanti.

Model pakaian yang biasanya dipakai yaitu berupa kemeja putih dan rok hitam dengan tambahan blazer agar penampilan tampak rapi dan sopan. Disamping itu semua ada hal yang tak kalah penting lainnya yaitu pemilihan jenis sepatu. Mungkin agak terlihat sepele, namun hal sekecil apapun tidak boleh dipandang remeh.

Hal pertama kali yang harus diperhatikan saat memilih sepatu untuk wawancara kerja yaitu pastikan sepatu yang akan kamu pakai terasa nyaman. Kerena apalah arti sepatu yang mahal jika pada akhirnya sepatu tersebut tidak nyaman dipakai atau bahkan dapat menyebabkan kaki menjadi lecet. Kenyamanan merupakan hal yang paling utama, maka dari itu selalu coba dahulu sepatu yang hendak akan dibeli.

Namun bukan berarti disarankan untuk memilih sepatu yang nyaman kemudian kamu memakai sepatu jenis sneakers. Terlebih lagi jika tujuannya untuk menghadiri wawancara kerja di perusahaan besar atau bahkan instansi pemerintahan. Pastilah akan terlihat sangat aneh dan tidak sesuai dengan acara yang akan kamu hadiri. Dari sisi perusahaan yang mengundang interview pastinya menginginkan kamu memakai pakaian dengan gaya formal. Sepatu jenis sneakers memang dapat memberikan rasa nyaman saat dipakai, namun hal tersebut sangat tidak cocok jika dipakai saat menghadiri suatu acara formal. Hindari pemilihan sepatu dengan bahan kain, pilihlah jenis sepatu yang terbuat dari kulit agar tampilanmu tampak elegan dan sopan.

Jika dibandingkan dengan perusahaan yang bergelut di bidang industri kreatif memang suasananya cenderung santai dan tidak terlalu formal. Dan terkadang mereka memperbolehkan karyawan memakai pakaian sesuai dengan gayanya masing-masing yang disukai. Namun bukan jenis pakaian yang asal-asalan, akan tetapi tetap dalam batasan yang rapi dan sopan. Kamu dapat melakukan hal tersebut jika sudah diterima bekerja. Namun, jika kamu masih dalam tahap interview, pakailah pakaian yang rapi dan sopan.

Andaipun kamu tidak dapat mengenakan sepatu dengan bahan kulit, namun hindari pemakaian jenis sendal. Minimal pilihlah sepatu dengan jenis yang formal.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *